rancangan bahan pembinaan iman anak: KISAH PENCIPTAAN

Pertemuan I

Allah Menciptakan Langit dan Bumi

 

Tujuan                         : Anak mau menghargai ciptaan dan menjaganya.

Metode                        : Pendalam Kitab Suci, Sharing, Menyanyi dan Permaianan

Media                          : Kitab Suci, Teks Lagu, gambar benda langit dan tumbuhan, kertas lipat

Waktu                         : 60 menit

Sumber Bahan             :Kitab Suci, Buku “Hatiku Penuh Nyanyian”

 

Pemikiran Dasar

            Ada banyak versi tentang kisah penciptaan langit dan bumi. Versi ilmu pengetahuan dan versi Kitab Suci. Di sekolah, dalam pelajaran IPA atau Sains, anak-anak tentunya sudah mendapatkan pengetahuan mengenai penciptaan langit dan bumi menurut versi ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu, saya akan menyampaikan kisah penciptaan menurut Kitab Suci.

Allah menciptakan langit dan bumi supaya ada keteraturan diantara air dan udara. Juga supaya Ia dapat menempatkan ciptaan-Nya yang lain di dalamnya. Langit dan bumi diciptakan begitu baik adanya, supaya manusia dapat tinggal di dalamnya. Allah sangat menyayangi segala ciptaan-Nya. Oleh karena itu, sebagai bagian dari ciptaan, anak-anak sejak kecil harus diajari untuk menghargai dan menjaga ciptaan Tuhan itu.

 

Proses Pertemuan:

  1. 1.    Pembuka
    1. Lagu pengantar doa

YESUS BESERTAKU

Kudaki-daki-daki-daki gunung yang tinggi

Kuturun-turun-turun-turun lembah yang curam

Kumelintasi padang rumput luas membentang

Yesus besertaku

      Kuterbang-terbang-terbang-terbang luas angkasa

      Kuselam-selam-selam-selam dalam samudera

      Kudayung,dayung,dayung,dayung prahu disungai

      Yesus besertaku

Di kanan KAU ada, di kiri KAU ada

Di atas dan di bawah KAU ada

Di suka KAU ada di duka pun KAU ada

Karna  Engkau Yesus ku.

 

  1. Doa Pembukaan

Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

Allah Bapa disurga kami bersyukur kepadamu atas segala rahmat dan anugrah yang  Engkau berikan kepada kami sehingga kami dapat berkumpul bersama ditempat ini. Bimbinglah kami Tuhan agar kegiatan yang akan kami laksanakan pada sore hari ini dapat berjalan dengan lancar. Semoga apa yang akan kami terima pada hari ini dapat kami gunakan dalam kehidupan sehari-hari kami. Sebab Engkaulah Tuhan dan Pengantara. Amin

 

c. Pengantar

Selamat sore adik-adik (kemudian mereka menjawab)

Selamat pagi Tuhan Yesus, Slamat pagi Bunda Maria

Selamat pagi kakak Pembina, Slamat pagi kawan semua…

Tepuk BIAK

B….I….A…K…

 BIAK YES…

Tepuk Yesus

Y…..E…..S……U….S

Yesus Yes!

Apa kabar adik-adik semua? ( baik ) Hayo.., adik-adik sudah mandi apa belum? Semua sudah siap belum  untuk belajar bersama? Tema sekolah Minggu kita pada hari ini adalah “Allah Menciptakan Langit dan Bumi”. Nah, sekarang adik-adik dengarkan kakak yang mau menceritakan tentang Allah menciptakan langit dan bumi ya……. Tapi kalian harus memperhatikan, nanti adik-adik ambil gambar yang sudah kakak sediakan, lalu adik-adik tempel pada kertas kalian masing-masing ya………… Mari kita mulai sekarang… (gambar-gambar terlampir).

 

  1. 2.        Pendalaman Kitab Suci
    1. Mendengarkan cerita dari  Kitab Suci (Kejadian 1:1-19)

Kitab Suci dibacakan oleh pendamping BIAK, anak-anak memperhatikan kemudian menempelkan gambar benda-benda yang diciptakan Tuhan dalam Kitab Suci.

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi lautan luas, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

Berfirmanlah Allah: “Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi. Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap. Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.

Berfirmanlah Allah: “Jadilah cakrawala di tengah segala air untuk memisahkan air dari air.” Maka Allah menjadikan cakrawala dan Ia memisahkan air yang ada di bawah cakrawala itu dari air yang ada di atasnya. Dan jadilah demikian. Lalu Allah menamai cakrawala itu langit. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari kedua.

Berfirmanlah Allah: “Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering.” Dan jadilah demikian. Lalu Allah menamai yang kering itu darat, dan kumpulan air itu dinamai-Nya laut. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

Berfirmanlah Allah: “Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi.” Dan jadilah demikian. Tanah itu menumbuhkan tunas-tunas muda, segala jenis tumbuh-tumbuhan yang berbiji dan segala jenis pohon-pohonan yang menghasilkan buah yang berbiji. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari ketiga.

Berfirmanlah Allah: “Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun, dan sebagai penerang pada cakrawala biarlah benda-benda itu menerangi bumi.” Dan jadilah demikian. Maka Allah menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar untuk menguasai siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam, dan menjadikan juga bintang-bintang. Allah menaruh semuanya itu di cakrawala untuk menerangi bumi, dan untuk menguasai siang dan malam, dan untuk memisahkan terang dari gelap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keempat.

 

  1. Aktivitas

Melipat kertas origami menjadi bentuk buah dan tumbuhan.

 

  1. Pendalaman

Pendamping mengajak anak-anak mendalami teks Kitab Suci dengan beberapa pertanyaan.

  1. Dalam Kisah tadi, Allah menciptakan langit dan bumi selama berapa hari? (4)
  2. Apa saja yang diciptakan Allah selama empat hari itu? (langit, laut, daratan, tumbuhan, bulan, bintang, dan matahari)
  3. Nah, bagaimana pendapat Tuhan terhadap seluruh ciptaan-Nya? (baik adanya)

 

  1. Penegasan

Nah adik-adik, tadi kita sudah mendengarkan kisah tentang penciptaan langit dan bumi. Dalam cerita tadi, mulai dari hari pertama, Tuhan menciptakan langit, laut, daratan, tumbuh-tumbuhan, lalu benda-benda penerang langit. Misalnya, bulan, bintang, dan matahari.

Allah menciptakan semua itu dengan begitu baik. Dan semua benda-benda itu membuat bumi menjadi indah. Semua ini karena Tuhan sangat sayang pada kita, manusia.

Allah menciptakan langit dan bumi supaya ada keteraturan di antara air dan udara. Juga supaya Ia dapat menempatkan ciptaan-Nya yang lain di dalamnya. Langit dan bumi diciptakan begitu baik adanya, supaya manusia dapat tinggal di dalamnya. Allah sangat menyayangi segala ciptaan-Nya. Oleh karena itu, manusia harus menghargai dan menjaga segala ciptaan Allah.

 

  1. 3.      Perayaan Iman
    1. Lagu “Burung Pipit Yang Kecil”

Burung pipit yang kecil, dikasihi Tuhan.

Terlebih diriku, dikasihi Tuhan.

Bunga bakung di ladang, diberi keindahan.

Terlebih diriku, dikasihi Tuhan.

Burung yang besar kecil, bunga indah warnanya.

Satu pun tak terlupa oleh Penciptanya.

 

  1. 4.      Penutup
    1. Doa Penutup

Terimakasih ya Yesus, atas kehadiran-Mu selama pertemuan kami ini. Kami kini mengetahui bahwa semua yang telah Engkau ciptakan adalah baik adanya. Semoga kami dapat terus menjaga ciptaan-Mu dengan baik. Sebab Engkaulah Tuhan dan Pengantara kami. Amin.

 

  1. Lagu Penutup

Kasih-Nya Seperti Sungai

Kasih-Nya seperti sungai (3x) di hatiku.

Mengalir di waktu pagi (susah).

Mengalir di waktu siang (senang).

Kasih-Nya seperti sungai di hatiku.

Pertemuan II

Allah Menciptakan Makhluk Hidup

 

Tujuan                       : Anak peduli terhadap sesama dan lingkungan sekitarnya.

Metode                       : Penjelasan dan tanya jawab, menyanyi dan permainan

Media                          : Kitab Suci, Teks Lagu, kertas origami

Waktu                        : 60 menit

Sumber Bahan          : Kitab Suci, Buku “Hatiku Penuh Nyanyian”, Buku “Kamulah Sahabatku”,

 

Pemikiran dasar

Allah menciptakan manusia supaya ada yang mengelola dan menguasai bumi beserta isinya. Allah menciptakan manusia seturut dengan citranya. Ini membedakan manusia dengan ciptaan lain, karena manusia diciptakan lengkap dengan akal budi. Manusia dikaruniai kuasa atas langit dan bumi beserta hewan dan tumbuhan yang hidup di dalamnya.

Kuasa yang dimiliki manusia ini juga berbuah kebebasan baginya. Allah memberikan kuasa dan kebebasan itu agar ada yang mengatur semua makhluk ciptaan-Nya di bumi. Dengan kuasa itu, Allah ingin kita hidup berdampingan dengan alam. Namun, yang sering terjadi justru sebaliknya. Kuasa dan kebebasan itu disalahgunakan oleh manusia untuk merusak alam.

Di sini, anak-anak diajak untuk melihat kembali tugas perutusannya dalam kisah penciptaan. Yakni, agar mereka mau peduli dengan sesama dan lingkungan sekitarnya.

 

Proses Pertemuan

  1. 1.        Pembukaan
    1. Lagu Pembuka

Kasih-Nya Seperti Sungai

Kasih-Nya seperti sungai (3x) di hatiku.

Mengalir di waktu pagi (susah).

Mengalir di waktu siang (senang).

Kasih-Nya seperti sungai di hatiku.

 

  1. Doa Pembukaan

Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

Allah Bapa yang ada disurga, kami bersyukur karena kami masih boleh berkumpul lagi ditemat ini utuk belajar dan bergembira bersama. Trima kasih pula karena Engkau telah memberikan kesempatan kepada kami untuk belajar dan menerapkan hasil pembelajaran kami minggu lalu. Tuhan, hadirlah disini dan sertailah kami agar kami dapat melakukan segala aktivitas pada sore hari ini dengan baik. Demi Kristus, Tuhan dan Juru selamat kami. Amin

 

  1. Pengantar

Selamat pagi adik-adik (kemudian mereka menjawab)

Selamat pagi Tuhan Yesus, Slamat pagi Bunda Maria

Selamat pagi kakak Pembina, Slamat pagi kawan semua…

Bagaimana kabar adik-adik hari ini? (baik) Siapa yang belum mandi? Apakah anak-anak  Tuhan Yesus ini masih semangat semua? (masih). Apakah adik-adik masih ingat tema minggu lalu tentang apa? (anak-anak diberi kesempatan untuk memnjawab),betul sekali. Kalau minggu lalu kita belajar mengenai kisah penciptaan langit dan bumi, sekarang kita akan belajar tentang Allah menciptakan makhluk hidup. Tapi sebelumnya, kita baca Kitab Suci dulu ya…..

 

  1. 2.        Membaca Kitab Suci

Dilakukan secara bergantian

Kej. 1:20-31

Berfirmanlah Allah: “Hendaklah dalam air berkeriapan makhluk yang hidup, dan hendaklah burung beterbangan di atas bumi melintasi cakrawala.” Maka Allah menciptakan binatang-binatang laut yang besar dan segala jenis makhluk hidup yang bergerak, yang berkeriapan dalam air, dan segala jenis burung yang bersayap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. Lalu Allah memberkati semuanya itu, firman-Nya: “Berkembangbiaklah dan bertambah banyaklah serta penuhilah air dalam laut, dan hendaklah burung-burung di bumi bertambah banyak.”

 Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari kelima. Berfirmanlah Allah: “Hendaklah bumi mengeluarkan segala jenis makhluk yang hidup, ternak dan binatang melata dan segala jenis binatang liar.” Dan jadilah demikian. Allah menjadikan segala jenis binatang liar dan segala jenis ternak dan segala jenis binatang melata di muka bumi. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”  Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.” Berfirmanlah Allah: “Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu. Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya.” Dan jadilah demikian.

 Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.

 

  1. Pertanyaan

Pembina mengajak adik-adik mendalami Kitab Suci dengan pertanyaan sebagai berikut.

  1. Apa saja yang diciptakan Tuhan mulai dari hari ke-5 sampai hari ke-6? (binatang-binatang laut, burung, binatang liar, ternak, binatang melata dan manusia)
  2. Mengapa Allah menciptakan manusia? (supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.)
  3. Kita diberi  kekuasaan atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi, berarti apa yang harus kita lakukan? (merawat dan memeliharanya)

 

  1. Aktivitas
  • Melipat kertas origami menjadi bentuk binatang
  • Mewarnai gambar binatang dan manusia

 

  1. Penegasan

Adik-adik, setelah kita membaca Kitab Suci tadi, kita tahu bahwa Tuhan sangat menyayangi seluruh ciptaan-Nya. Karena semua yang diciptakan-Nya adalah baik. Bahkan Tuhan sangat mencintai manusia, sehingga manusia diciptakan untuk menguasai binatang dan tumbuhan yang ada di bumi. Tapi, menguasai bukan berarti kita boleh merusaknya. Kita justru harus merawat dan memeliharanya.

 

  1. 3.        Perayaan Iman
    1. Lagu “Betapa  Hatiku”

Betapa hatiku, berterimakasih Yesus

Kau mengasihiku, Kau memilikiku

Hanya ini Tuhan, persembahanku

Segenap hidupku, jiwa dan ragaku

S’bab tak kumiliki harta kekayaan

yang cukup berarti tuk kupersembahkan

Hanya ini Tuhan, permohonanku

terimalah Tuhan, persembahanku

Pakailah hidupku sebagai alat-Mu

Seumur hidupku

 

  1. Doa Bapa Kami

 

  1. d.        Penutup

Doa Penutup

Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

Bapa kami bersyukur kepadamu atas penyertaan-Mu sepanjang kegiatan kami pada hari ini. Terima kasih pula atas semua rahmat yang Engkau berikan kepada kami. Sekarang kami mau pulang, lindungilah kami ya Tuhan supaya kami dapat pulang dengan selamat dan berjumpa kembali dengan orangtua kami.   Doa ini kami serahkan kepada-Mu dengan perantaraan Kristus Tuhan kami. Amin.

 

Lagu penutup

“Burung Pipit Yang Kecil “

Burung pipit yang kecil, dikasihi Tuhan.

Terlebih diriku, dikasihi Tuhan.

Bunga bakung di ladang, diberi keindahan.

Terlebih diriku, dikasihi Tuhan.

Burung yang besar kecil, bunga indah warnanya.

Satu pun tak terlupa oleh Penciptanya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s